Jurnal
Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Berbasis Pendekatan Metakognitif
Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran menulis teks cerita pendek (cerpen) berbasis pendekatan metakognitif bagi siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model pengembangan Sugiyono. Prosedur penelitian menggunakan tahapan berikut: 1) potensi masalah, 2) mengumpulkan informasi dan studi literatur, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5). perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, dan 10) pembuatan produk masal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMPN di Kabupaten Bandung Barat dengan sampel purposive sebanyak 34 orang. Data penelitian mencakup data tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran menulis teks cerpen berbasis pendekatan metakognitif valid untuk diterapkan dalam pembelajaran dan terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa SMP.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain