Jurnal
PENDAMPINGAN KEGIATAN BEBAS MELA (BELAJAR CERDAS MENDUKUNG LITERASI ANAK) KEPADA GURUGURU SEKOLAH-SEKOLAH DASAR DI KOTA CIMAHI
[Kota Cimahi memiliki luas wilayah 24,15 km² dengan jumlah penduduk 165.447. Jumlah Sekolah Dasar yang terdapat pada Kota Cimahi sebanyak 381 Sekolah Dasar Negeri dan 87 Sekolah Dasar Swasta sehingga total Sekolah Dasar sebanyak 486. Berdasarkan hasil survey yang telah kami lakukan adalah pada setiap sekolah yang ada di Kota Cimahi semuanya sudah menerapkan Kurikulum 2013, namun terdapat kendala pada pola dan sistem pembelajaran Bahasa dimana minat baca siswa sekolah dasar di Kecamatan tersebut masih dikatagorikan rendah. Hal ini mengakibatkan rendahnya kualitas pembelajaran serta kreativitas siswa dalam bidang pendidikan Bahasa. Hasil survey juga menunjukan bahwa minat baca siswa tergolong rendah dikarenakan minimnya bahan bacaan siswa sekolah dasar serta guru-guru yang belum dapat memotivasi siswa tentang pentingnya literasi anak. Sedangkan menurut (Ginanjar, Sucipto, & Marpaung, 2015) menjelaskan bahwa Bahasa merupakan modal utama siswa dalam mendapatkan segala keilmuan yang dapat digunakan dalam keidupan sehari-hari. Tentu saja hal ini menjadi isu yang harus segera diberikan solusi agar siswa di Kota Cimahi mendapatkan hak belajarnya secara penuh yang nanti dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya program BEBAS MELA (Belajar Baca Cerdas Mendukung Literasi Anak) yang merupakan kegiatan pendampingan tentang pentingnya literasi anak serta memberikan pelatihan kepada guru-guru sekolah dasar dalam menentukan dan membuat bahan bacaan yang
sesuai dengan usia anak sekolah dasar, maka diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa serta menumbuhkan kesadaran guru-guru sekolah dasar dalam mendukung program literasi anak sekolah dasar. Manfaat dari program PKMS ini, warga di daerah kota cimahi khususnya guru-guru sekolah dasar dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pembelajaran literasi anak sehingga dapat mendukung dan mempengaruhi peningkatan minat baca siswa usia
sekolah dasar di kota cimahi. Dengan demikian, siswa usia sekolah dasar dapat berkembang baik dari sisi akademis ataupun intelektualnya serta kemampuan sosialnya lewat kegiatan pengembangan literasi anak menggunakan pendampingan kegiatan BEBAS MELA.]
B001557 | R TIM 310 p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (310) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain