Jurnal
MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini dilakukan karena fakta di lapangan terdapat banyak siswa yang belum sepenuhnya
memahami materi yang dijelaskan oleh guru terutama dalam mata pelajaran matematika. Kebanyakan
siswa hanya sekedar menghafal materi tanpa memahaminya dengan baik dan benar, sehingga tidak
sedikit siswa yang saat diberikan evaluasi kemampuannya tidak mencapai ketentuan dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis tentang penggunaan model CTL pada
pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kajian literatur (literatur
review). Sampel dalam penelitian ini adalah lima artikel yang publish pada jurnal nasional. Hasil kajian
dalam penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran CTL mampu memberikan peningkatan
yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan
pada penelitian Siklus I dan penelitian siklus II dimana siswa mampu mencapai ketuntasan minimal
secara keseluruhan dalam pembelajaran matematika dan rata-rata mendapat nilai 70-100. Berdasarkan
analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL mampu
meningkatkan pemahaman matematika siswa dan memperbaiki proses pembelajaran pada mata
pelajaran matematika
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain