Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keaktifan siswa dalam menulis teks eksposisi pada kelas VIII SMP Kartika XIX-2 Bandung melalui penggunaan metode Think Talk Write. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi dan keaktifan belajar siswa. Ketuntasan kemampuan menulis teks eksposisi siswa pada siklus I mencapai 48%, siklus II 5…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemahiran anak-anak bilingual dalam menceritakan kembali isi cerita ke dalam dua bahasa yang mereka kuasai, yaitu bahasa Sunda sebagai bahasa ibu dan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa sebuah film pendek tanpa suara berdurasi enam menit berjudul The Pe…
Pembelajaran merupakan suatu bentuk interaksi antara pengajar dan pelajar yang bertujuan untuk mencapai pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menulis karena siswa merasa kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam bentuk karya tulis. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario pembelajaran teks negosiasi siswa kelas X MIPA di…
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan inti dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya. Pada dasarnya evaluasi menjadi kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan karena berkenaan dengan penilaian keberhasilan hasil belajar. Dalam praktiknya, evaluasi tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa…
The problem found in the evaluation course is when developing the student test instrument is difficult to understand in preparing the test tool based on cognitive level that must be adjusted with the indicator, as well as in preparing the skill test. Their difficulty lies in the preparation of rubrics as the translation of learning objectives in the skill domain. Also, arranging non-test tools …