Jurnal
Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa MA Kelas X dengan Menggunakan Metode Think Pair Share (TPS) dengan Berbantuan Media Poster
Pembelajaran merupakan suatu bentuk interaksi antara pengajar dan pelajar yang bertujuan untuk mencapai pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menulis karena siswa merasa kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam bentuk karya tulis. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario pembelajaran teks negosiasi siswa kelas X MIPA di MA Persis 38 Padalarang dengan menggunakan metode Think Pair and Share berbantuan media poster, untuk menelaah respon guru dan siswa MA kelas X terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan metode Think Pair and Share berbantuan media poster, serta untuk menelaah kesulitan-kesulitan yang dialami siswa MA kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks negosiasi. Metode yang digunakan dalam peneleitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, hasil dari metode penelitian ini yaitu dengan cara dideskripsikan atau digambarkan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan, subjek dari metode ini adalah 34 siswa kelas X MIPA di MA Persis 38 Padalarang. Hasil pada penelitian ini berdasarkan aktivitas guru dan siswa sudah sesuai dengan skenario pembelajaran yang telah dirancang. Aktivitas guru dikategorikan sangat baik dan aktivitas siswa pula dikategorikan sangat baik. Hasil respon guru dan siswa yang telah peneliti amati sudah termasuk kategori tinggi, dengan persentase respon guru 62,5% dan respon siswa 50,9%. Kemampuan siswa kelas X MIPA dalam menulis teks negosiasi tergolong baik dengan skor akhir 84,5, meskipun masih ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam menulis teks negosiasi khususnya mengenai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dan pada tulisan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain