Yuliana Ana Awa, 21810023 (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS FLIPHTML5 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of pengesahan.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pengesahan.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (489kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (436kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (747kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (930kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (587kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (767kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh 1) rendahnya siswa menulis teks berita disebabkan karena
model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat, salah satu faktor penyebabnya yaitu model
dan media pembelajaran yang diterapkan guru kurang tepat, 2) kurangnya pemahaman guru untuk
memanfaatkan media yang dapat menunjang pembalajan menulis teks berita, dan peserta didik
banyak memanfaatkan gawai dan laptop hanya untuk bermain game dan media sosial. Untuk
mengatasi hal itu, penulis melakukan penelitian yakni mengembangkan model pembelajaran
Problem based learning berbasis FlipHTML5 pada pembelajaran menulis teks berita. Penelitian ini
bertujuan menganalisis; 1) proses pengembangan model Problem based learning berbasis
FlipHTML5, 2) kelayakan model Problem based learning berbasis FlipHTML5, 3) efektivitas model
Problem based learning berbasis FlipHTML5 dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita
dan motivasi belajar, dan 4) Kendala-kendala yang dialami siswa pada saat mengembangkan model
Problem based learning berbasis FlipHTML5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Research and Development dengan desain Borg and Gall. pelaksanaan penelitian ini untuk uji
terbatas dilakukan di SMPN. 3 Ngamrah dan uji luas di SMP Advent Cimindi. Hasil dari penelitian
ini yaitu, 1) langkah-langkah pengembangan problem based learning berbasis FlipHTML5 yaitu (a)
pengumpulan data, (b) mengembangkan produk awal, (c) validasi ahli dan revisi, (d) uji coba skala
kecil dan revisi produk, (e) uji coba skala besar dan desiminasi. Produk akhir yang dihasilkan berupa
model PBL berbasis FlipHTML5. 2) kelayakan PBL berbasis FlipHTML5 yang diperoleh dari ahli
model dan media mendapatkan rata-rata 82,25 dan 80, sedangkan dari respon guru dan siswa
mendapatkan persentase rata-rata 83,9% dan 85,75%. Untuk itu produk yang dikembang Layak dan
sangat layak digunakan. 3) Efektivitas Problem based learning berbasis FlipHTML5 dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada uji produk untuk kelas eksperimen memperoleh
nilai rata -rata N-gain persen 0,6396 dan 63% dengan kriteria sedang dan tafsiran efektivitas yaitu
cukup efektif, dengankan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata N-gain persen 0.4752 atau 47%
dengan kriteria sedang dan tafsiran efektivitas kurang efektif. Sementara angket motivasi belajar
mendapatkan persentase rata-rata 80% dengan kriteria termotivasi dan 4) Kendala yang dialami
siswa saat mengembangkan model PBL berbasis FlipHTML5 yaitu tidak semua siswa memiliki
gawai, laptop dan computer sehingga berdiskusi dengan siswa lain. Selain itu pada saat melakukan
penelitian uji terbatas bersamaan dengan PTS dan uji luas mendekati ujian semester. Sehingga siswa
tidak begitu focus membuat teks berita akan tetapi sebagian dari mereka mampu membuat teks berita
dengan baik meskipun waktu yang digunakan tidak maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, FlipHTML5, kemampuan menulis teks berita, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:01 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 04:01 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/88 |