Nur Yuliasih, 22810034 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of abstract.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstract.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of kata pengantar.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
kata pengantar.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model Problem Based
Learning berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menulis teks
laporan hasil observasi dan minat belajar siswa kelas X. Penelitian dilaksanakan di
SMA YAPI Al-Husaeni Kp. Leubak Biru RT 04 RW 11 Ds. Ciheulang Kec.
Ciparay Kab. Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian
yang digunakan adalah Mixed Methods dengan desain Sequential Exploratory
dengan analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul dihitung dengan
menggunakan aplikasi SPSS versi 35 dan Microsoft Excell. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi
menunjukkan bahwa persentase kinerja pendidik dan peserta didik dengan kriterian
sangat baik. Nilai ini mencerminkan efektivitas proses pembelajaran. Uji statistik
menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari pretest ke
posttest, dengan nilai rata-rata sebelum perlakuan 48,97 dan nilai rata-rata setelah
perlakuan adalah 84,00. Secara keseluruhan, model Problem Based Learning
berbantuan Canva tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis teks laporan
hasil observasi tetapi juga meningkatkan perasaan senang, ketertarikan, perhatian,
dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, aplikasi Canva, minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:25 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:25 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/83 |