PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X

Nur Yuliasih, 22810034 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of abstract.pdf] Text
abstract.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of kata pengantar.pdf] Text
kata pengantar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model Problem Based
Learning berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menulis teks
laporan hasil observasi dan minat belajar siswa kelas X. Penelitian dilaksanakan di
SMA YAPI Al-Husaeni Kp. Leubak Biru RT 04 RW 11 Ds. Ciheulang Kec.
Ciparay Kab. Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian
yang digunakan adalah Mixed Methods dengan desain Sequential Exploratory
dengan analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul dihitung dengan
menggunakan aplikasi SPSS versi 35 dan Microsoft Excell. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi
menunjukkan bahwa persentase kinerja pendidik dan peserta didik dengan kriterian
sangat baik. Nilai ini mencerminkan efektivitas proses pembelajaran. Uji statistik
menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari pretest ke
posttest, dengan nilai rata-rata sebelum perlakuan 48,97 dan nilai rata-rata setelah
perlakuan adalah 84,00. Secara keseluruhan, model Problem Based Learning
berbantuan Canva tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis teks laporan
hasil observasi tetapi juga meningkatkan perasaan senang, ketertarikan, perhatian,
dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, aplikasi Canva, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:25
Last Modified: 04 Jun 2025 03:25
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item
View Item