Deasy Supartini, 22810021 (2024) PENERAPAN MODELPROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS TEKS EKSPLANASI DAN KREATIVITAS PADA SISWA SMK. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of cover.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (24kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (20kB)
![[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (19kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (21kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (17kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (24kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (47kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (23kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (19kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 LAMPIRAN DEASY SUDAH GABUNG.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Guru menjelaskan
materi teks eksplanasi di depan kelas dan meminta siswa memperhatikan
penjelasan guru; 2) Guru tidak menjelaskan kepada siswa tentang tujuan dan hasil
belajar yang harus dicapai; 3) Dalam menyampaikan materi teks eksplanasi, guru
kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran; 4) Siswa tidak banyak
melakukan aktivitas dalam proses pembelajaran, dan hanya duduk menyimak
penjelasan guru untuk selanjutnya mengerjakan tugas; 5) Guru tidak tampak
mengembangkan keterampilan menulis dan kreativitas siswa pada keterampilan
menulis teks eksplanasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1)
Bagaimana Proses Penerapan dan kendala dalam melaksanakan pembelajaran
Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan menulis teks
eksplanasi dan kreativitas Siswa SMK; dan 2) Apakah penerapan Model Problem
Based Learning efektif pada pembelajaran menulis teks eksplanasi di SMK.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode
campuran (mixed method). Metode penelitian ini merupakan metode penelitian
yang berlandaskan pada filsafat pragmatisme. Pragmatisme merupakan cara
pandang yang berkaitan dengan suatu tindakan, situasi dan akibat dari pada sebab,
untuk mengaplikasikan bagaimana cara memecahkan masalah, sehingga peneliti
dapat menggunakan semua metode yang dapat digunakan untuk memecahkan
masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah The Exploratory Sequential
Design. Desain penelitian ini pengumpulan data yang diawali dengan
pengumpulan data kualitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data
kuantitatif. Subjek peneltian ini adalah siswa kelas XI SMK Bina Sejahtera 1 Kota
Bogor tahun pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 orang terdiri dari 20
orang perempuan dan 10 orang laki–laki. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
simpulan bahwa kreativitas siswa dalam menulis teks eksplanasi 75% berada pada
kategori baik dan sebanyak 75% siswa telah dinyatakan tuntas, sedangkan 25%
belum tuntas menulis teks eksplanasi. Hal ini menunjukan bahwa penerapan
model problem based learning dapat mempengaruhi kreativitas siswa dalam
keterampilan menulis teks eksplanasi di SMK
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Keterampilan menulis teks eksplanasi , Kreativitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:49 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:49 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/74 |