IIS ISLAMIAH, 17810006 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) SISWA SMP MELALUI METODE DISCOVERY. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (545kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (22kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis yang masih rendah, hal itu dikarenakan siswa masih mengalami kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan salah satu keterampilan yang paling akhir dilakukan karena sifatnya yang kompleks diantara ke empat keterampilan lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan dan pelatihan pada siswa agar menulis dan mengembangkan ide atau gagasannya dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah peningkatan pengetahuan dan keterampilan menulis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan metode discovery dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan disain kelompok kontrol non-ekivalen sehingga pada awal dan akhir pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gununghalu, sedangkan sampelnya diambil dua kelas dimana kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan sofware IBM SPSS statistics 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai pengetahuan dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional.
Selain itu, terdapat asosiasi antara pengetahuan dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa SMP dengan kategori tergolong tinggi. Metode discovery membuat siswa lebih mandiri dalam mencari informasi dan sumber
belajar serta mampu memahami konsep umum yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:49 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:57 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/72 |