MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN MINAT BELAJAR SISWA MTS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN SAINTIFIK

Asiah Badriyatur Rojabiyah, 15510290 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN MINAT BELAJAR SISWA MTS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN SAINTIFIK. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah Kemampuan pemecahan masalah
matematik siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem
solving dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan saintifik; Minat belajar
siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan problem solving dibandingkan
dengan yang menggunakan pendekatan saintifik; Implementasi pembelajaran
menggunakan pendekatan problem solving dan pendekatan saintifik; Kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematik. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dari penelitian
ini adalah siswa MTs di Purwakarta. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII 4
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini
menggunakan instrumen tes berupa 5 soal kemampuan pemecahan masalah matematik
dan instrumen non tes berupa angket minat belajar siswa yang terdiri dari 20
pernyataan. Pengolahan data menggunakan software SPSS 21 dan pengujian statistik
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji statistik perbedaan dua
rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan pendekatan
problem solving secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan
pendekatan saintifik; 2) Minat belajar siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan
pendekatan problem solving secara signifikan lebih baik dibandingkan yang
menggunakan pendekatan saintifik; 3) implementasi pembelajaran dilakukan sesuai
dengan langkah-langkah pendekatan problem solving dan saintifik; 4) Kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik pada kelas eksperimen
terdapat pada soal nomor 5 dengan indikator memeriksa kembali jawaban, sedangkan
pada siswa kelas kontrol terdapat pada soal no 3, 4 dan 5 pada indikator memahami
masalah, merencanakan masalah, menyelesaikan msalah dan memeriksa kembali
jawaban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, Minat Belajar, Pendekatan Problem Solving, pendekatan Saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:51
Last Modified: 04 Sep 2025 02:51
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item
View Item