Fatma Khopipah, 18010303 (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI LABIRIN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOJONG. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of Halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman awal.pdf
Download (613kB)
![[thumbnail of BAB 1.docx.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.docx.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of BAB 2.docx.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.docx.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of DAPUS.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAPUS.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Pengembangan media permainan simulasi labirin untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong merupakan inovasi baru dalam kegiatan layanan
bimbingan dan konseling dengan menggunakan media yang mengikuti perkembangan zaman. Indikator konsep diri menurut ahli teori yaitu menjadi urgensi bagi peserta didik dimasa depan. Penelitian ini menggunakan metode research and development oleh Borg and Gall yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah diuji oleh beberapa validator ahli materi, ahi media, ahli praktisi dan respon peserta didik. Subyek penelitian terdiri dari 33 peserta didik untuk diuji coba terbatas, semuanya adalah peserta didik SMP Negeri 1 Bojong yang memiliki masalah dalam konsep diri. Berdasarkan hasil pengujian produk oleh beberapa validator, media permainan simulasi labirin ini memiliki persentase rata-rata sebesar 91,93% sesuai dengan kriteria yang telah
ditentukan bahwa produk sangat layak digunakan tanpa revisi. Dapat diketahui dari hasil post-test kategori rendah mengalami peningkatan sebesar 37,15% yaitu dari 44,51%
menjadi 81,66%, hasil dari post-test pada peserta didik dengan kategori sedang mengalami peningkatan sebesar 8,18% yaitu dari 72,68% menjadi 80,86% sedangkan hasil post-test pada peserta didik kategori tinggi mengalami peningkatan sebesar 3,06% yaitu dari 83,05% menjadi 86,11%.Peserta didik memiliki antusiasme yang tinggi terhadap pengembangan permainan simulasi labirin setelah melakukan kegiatan bimbingan dan konseling menggunakan media permainan simulasi labirin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan simulasi labirin, Bimbingan Kelompok, Konsep Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IKIP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/639 |