PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS CANVA TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 2 MARGAASIH

Sumiati, 18010184 (2022) PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS CANVA TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 2 MARGAASIH. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh reaksi lingkungan terhadap perubahan fisik remaja yang dapat mengakibatkan dampak perubahan psikis siswa SMP/MTs. Maka dari itu siswa perlu meningkatkan konsep diri yang ada pada dirinya dimana hal tersebut sangat membantu dalam menjalani kehidupan yang efektif, bias berinteraksi dan diterima dilingkungannya. Tujuan penelitian mengembangkan program dalam bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan konsep diri siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian dan
Pengembangan Borg and Gall. Kegiatan Penelitian dan Pengembangan melalui studi identifikasi studi pendahuluan, pengolahan data dan prosedur pengolahan data, uji Ahli dan uji Praktisi, revisi desain I, uji coba produk, revisi desain II. Subyek penelitian melibatkan satu Ahli media, satu Ahli materi, satu Praktisi materi, dan lima belas siswa dalam uji terbatas dan tiga puluh siswa dalam uji kelayakan. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Data yang terkumpul adalah data untuk mengukur kelayakan produk. Data dihasilkan melalui teknik pengumpulan data untuk mengukur kelayakan dalam bentuk lembar penilaian dari uji ahli dan
uji praktisi serta hasil dari kelayakan pengguna. Analisis data menggunakan deskriptif presentase Hasil uji ahli produk yang dikembangkan mendapatkan kelayakan dengan penilaian
ahli media sebesar 80 % ,penilaian ahli materi sebesar 87%, dan penilaian praktisi materi sebesar 85%. Dalam kelayakan produk mendapatkan kelayakan dengan penilaian uji terbatas
75,5% dan untuk uji luas sebesar 76,2%. Diketahui bahwa hasil keseluruhan penelitian rata- rata 80%, maka produk penelitian pengembangan media program pada kategori tinggi untuk penggunaannya. Simpulan hasil penelitian ini adalah pengembangan media program bimbingan kelompok untuk membantu konsep diri siswa memiliki kelayakan dengan kategori sangat tinggi dalam penggunaanya, dan dapat dijadikan media yang membantu layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Program, Bimbingan Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:55
Last Modified: 14 Aug 2025 07:55
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item
View Item