PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS XII SMKN 1 PLERED

Dina Karlina, 18010176 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS XII SMKN 1 PLERED. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Kematangan karier merupakan hal yang sangat diperlukan peserta didik dalam menghadapi lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat. Oleh karena itu maka dibutuhkan media dalam memfasilitasi kematangan karier siswa yaitu dengan
menggunakan media permainan ular tangga. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangkan media permainan ular tangga melalui bimbingan kelompok terhadap kematangan karier siswa. Metode penelitian ini menggunakan model research and Development Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 20 orang siswa kelas XII SMKN 1 Plered. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi ahli dan angket kematangan karier. Hasil penelitian menunjukan media permainan ular tangga sangat layak digunakan dengan hasil penilaian ahli materi sebesar 81%, ahli media sebesar 95,83%, dan ahli praktisi sebesar 99,43%.
Hasil Efektivitas menunjukan nilai sig. sebesar 0,000 yang artinya terdapat perubahan kematangan karier sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan media permainan ular tangga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga melalui bimbingan kelompok sangat layak digunakan dan efektif terhadap kematangan karier siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga, Bimbingan Kelompok, Kematangan Karier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:41
Last Modified: 14 Aug 2025 07:41
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item
View Item