Annisa Nurul Fatimah, 18010161 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMPN 5 CIMAHI KELAS IX. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of Halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (573kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Abstrak
Kecerdasan emosional diperlukan peserta didik dalam menghadapi sebuah permasalahan, karena dengan memiliki kecerdasan emosional peserta didik tersebut dapat mengendalikan emosi yang dimilikinya dan dapat menghadapi
masalah dengan baik. Oleh karena itu maka dibutuhkan media dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Modul Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Metode penelitian ini menggunakan model Research and Development Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Partisipan dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas IX SMPN 5 Cimahi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi dan angket. Hasil penelitian ahli materi sebesar 89,3%, ahli media sebesar 75%, dan ahli
praktisi sebesar 91,84%, artinya Modul Bimbingan dan konseling dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Hasil efektivitas menunjukan nilai sig 0,000 yang artinya terjadi peningkatan
kecerdasan emosional dengan menggunakan Modul Bimbingan dan Konseling. Sehingga dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Modul Bimbingan dan Konseling sangat layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMPN 5 Cimahi Kelas IX.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IKIP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:17 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:17 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/631 |