PENGEMBANGAN MEDIA MONOCAR DENGAN BANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK PERENCANAAN KARIR SISWA SMP TINGKATVII

Hasna Hanan Nabilah, 18010142 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MONOCAR DENGAN BANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK PERENCANAAN KARIR SISWA SMP TINGKATVII. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf

Download (254kB)
[thumbnail of bab IV .pdf] Text
bab IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTATR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTATR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media monocar pada siswa, mengetahui kelayakanan media monocar mengenai perencanaan karier
menurut ahli dan praktisi, mengetahui respon siswa terhadap media monocar mengenai perencanaan karier dan mengetahui efektivitas penggunaan media monocar kepada siswa SMP tingkat VIII MTSN 1 Cimahi. Metode penelitian yang
pakai yaitu metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D ) yang mengacu pada model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Berdasarkan langkah-langkah menurut Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono menghasilkan suatu produk media berupa monocar kepada siswa tingkat SMP VIII MTSN 1 Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan menurut para ahli dan praktisi, hal tersebut dapat dilihat dari penilaian yang diberikan oleh ahli media sebesar 100% dengan representasi sangat layak, ahli materi memberikan penilaian sebesar 91,66% dengan representasi sangat layak, dan praktisi guru BK memberikan penilaian sebesar 98,2% dengan representasi sangat layak. Selain itu media monocar
mengenai perencanaan karier dikatakan efektif dikarenakan adanya perbedaan hasil pretest dan postets melaluii uji paired sample test. hasil tersebut menujukkan hasil -12.255 dengan signifikan 0,000 (p,0,05) artinya bahwa adanya pengaruh dan perbedaan sebelum diberikan layanan dan setelah diberikannya layanan dengan menggunakan media monocar untuk perencanaan karier siswa SMP tingkat VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Monocar, Perencanaan Karier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Aug 2025 06:24
Last Modified: 14 Aug 2025 06:24
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item
View Item