PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nurul Azizah, 20060012 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa kelas V sekolah dasar pada materi bangun ruang kubus dan balok yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran ceramah yang hanya berpusat pada guru.
Penggunaan model project based learning digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa, kesulitan guru, dan kesulitan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain The Sequential Explanatory Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Padasuka Mandiri 4 yang berjumlah 33 orang siswa, dengan 15 siswa laki laki, dan 18 siswa perempuan. Instrumen pada penelitian ini yaitu soal tes pemahaman konsep, observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan pemahaman konsep yang dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest (tes awal) sebesar 33.33 sebelum menggunakan model project
based learning. Kemudian setelah menggunakan model project based learning rata-rata hasil posttest (tes akhir) siswa meningkat menjadi 78.78 dengan efektivitas sebesar 68% dan dikategorikan efektif. Adapun hasil N-gain score adalah 0.67
dengan persentase 67% masuk kedalam klasifikasi sedang. Serta didapatkan respon yang baik dari siswa dan guru. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V sekolah dasar setelah menggunakan model
project based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:24
Last Modified: 31 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item
View Item