MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

ANNISA NURSYIFA, 15510137 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematik dan kemandirian belajar siswa MTs dengan menggunakan pendekatan
kontekstual. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematik dan
kemandirian belajar siswa di dalam kelas mempengaruhi hasil belajar siswa
dikarenakan penggunaan metode mengajar yang tidak sesuai atau kurang tepat,
untuk mengatasi hal tersebut peneliti mengambil pendekatan Kontekstual yang
diharap akan memiliki peluang untuk mengatasi hal tersebut, dan mengajar pada
mata pelajaran matematika, dan kemampuan pemecahan masalah matematik serta
kemandirian belajar siswa akan dapat terlatih dengan baik penelitian ini
merupakan penelitian kuasi eksperiment dengan instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan skala
kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di MTs
‘MA’ Pameuntasan tahun pelajaran 2018/2019 semester genap. Berdasarkan hasil
analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh
pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan
siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, serta pencapaian kemandirian belajar
siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik
daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Dan implementasi
pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dikelas sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran yang sudah disiapkan sebelumnya, serta kesulitan
yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah
matematik terdapat pada indikator Menggunakan matematika secara bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematik, Kemandirian Belajar, Kontekstual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:31
Last Modified: 22 Jul 2025 06:31
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item
View Item