EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF BAHASA SUNDA BERBASIS GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR BAHASA SUNDA PENDIDIK PAUD

Nely Yosfiani, - (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF BAHASA SUNDA BERBASIS GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR BAHASA SUNDA PENDIDIK PAUD. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover Nely.pdf] Text
01 Cover Nely.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan Nely.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan Nely.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 03 Lembar Pernyataan Nely.pdf] Text
03 Lembar Pernyataan Nely.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of 04 Abstrak Nely.pdf] Text
04 Abstrak Nely.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 05 Kata Pengantar Nely.pdf] Text
05 Kata Pengantar Nely.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 06 Daftar Isi Nely.pdf] Text
06 Daftar Isi Nely.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of BAB I Nely.pdf] Text
BAB I Nely.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of BAB II Nely.pdf] Text
BAB II Nely.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of BAB III Nely.pdf] Text
BAB III Nely.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of BAB IV Nely.pdf] Text
BAB IV Nely.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[thumbnail of BAB V Nely.pdf] Text
BAB V Nely.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Nely.pdf] Text
Daftar Pustaka Nely.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran Nely.pdf] Text
Lampiran-lampiran Nely.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pelatihan Pembelajaran Inovatif
Bahasa Sunda yang menggunakan Gerak dan Lagu untuk meningkatkan Keterampilan
Mengajar Bahasa Sunda bagi pendidik PAUD di Kecamatan Sumur Bandung, Kota
Bandung. Fokus utama penelitian meliputi: 1) proses implementasi pelatihan, 2)
efektivitas program, dan 3) faktor-faktor pendukung dan penghambat. Menggunakan
pendekatan mixed method dengan desain eksploratori, data dikumpulkan melalui
wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan, serta melalui tes pretes dan
postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Pelatihan
Pembelajaran Inovatif berbasis Gerak dan Lagu berhasil mengintegrasikan metode
pembelajaran yang dinamis dan menarik, yang secara signifikan meningkatkan
kepercayaan diri dan Keterampilan Mengajar para guru. Program ini mendapatkan
respons positif, namun terdapat kebutuhan untuk adaptasi materi lebih lanjut dan
dukungan berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan dalam jangka panjang.
Evaluasi program menekankan perlunya mekanisme evaluasi yang terstruktur dan
komprehensif untuk mengukur hasil belajar siswa dan kemajuan pengajaran, guna
memastikan dampak yang berkelanjutan terhadap pendidikan Bahasa Sunda. Pelatihan
berbasis Gerak dan Lagu terbukti efektif dalam meningkatkan Keterampilan Mengajar
Bahasa Sunda, dengan hasil uji t berpasangan menunjukkan p-value yang sangat kecil
(3.26e-08). Faktor pendukung utama meliputi motivasi peserta, materi pelatihan yang
relevan, metode pengajaran yang inspiratif, kompetensi fasilitator, dukungan institusi,
dan ketersediaan sumber daya. Sebaliknya, faktor penghambat seperti durasi program
yang singkat, kesulitan materi, manajemen waktu, hambatan kolaborasi, dan faktor
eksternal perlu penyesuaian strategis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pembelajaran Inovatif, Gerak dan Lagu, Bahasa Sunda Keterampilan, Keterampilan Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:35
Last Modified: 03 Jun 2025 04:35
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item
View Item