EFEKTIVITAS PROGRAM PARENTING PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR

Nani Gondiawati, - (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM PARENTING PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover Nani Gondiawati.pdf] Text
01 Cover Nani Gondiawati.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 02 Pengesahan Nani Gondiawati.pdf] Text
02 Pengesahan Nani Gondiawati.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 03 Pernyataan Nani Gondiawati.pdf] Text
03 Pernyataan Nani Gondiawati.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 04 ABSTRAK Nani Gondiawati.pdf] Text
04 ABSTRAK Nani Gondiawati.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 05 KATA PENGANTAR Nani Gondiawati.pdf] Text
05 KATA PENGANTAR Nani Gondiawati.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 06 DAFTAR ISI Nani Gondiawati.pdf] Text
06 DAFTAR ISI Nani Gondiawati.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of BAB 1 Nani Gondiawati.pdf] Text
BAB 1 Nani Gondiawati.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB 2 Nani Gondiawati.pdf] Text
BAB 2 Nani Gondiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of BAB 3 Nani Gondiawati.pdf] Text
BAB 3 Nani Gondiawati.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of BAB 4 Nani Gondiawati.pdf] Text
BAB 4 Nani Gondiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[thumbnail of BAB 5 Nani Gondiawati.pdf] Text
BAB 5 Nani Gondiawati.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Nani Gondiawati.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA Nani Gondiawati.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of LAMPIRAN DOKUMENTASI Nani Gondiawati.pdf] Text
LAMPIRAN DOKUMENTASI Nani Gondiawati.pdf

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah data tentang: 1) Proses implementasi
Program Parenting Pembelajaran Berpusat Pada Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan
Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar di TK Muthmainnah Kota Bandung; 2)
Efektivitas Program Parenting Pembelajaran Berpusat Pada Anak Untuk Meningkatkan
Kemampuan Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar di TK Muthmainnah Kota
Bandung; 3) Faktor-Faktor Pendukung dan penghambat Program Parenting Pembelajaran Berpusat
Pada Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar di TK
Muthmainnah Kota Bandung. Konsep yang dijadikan dasar dalam penelitian ini yaitu: konsep
parenting, konsep pembelajaran berpusat pada anak, dan konsep kemampuan orangtua dalam
mendampingi anak belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan
menggunakan exploratory sequential design. Teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan
adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan yang dilakukan pada peserta program
parenting, penyelenggara program, dan narasumber program parenting. Teknik pengumpulan data
kuantitatif dilakukan menggunakan pretes postes. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses
implementasi program parenting Pembelajaran Berpusat pada Anak di TK Muthmainnah menunjukkan
pendekatan yang holistik dan berbasis kebutuhan, dimulai dari perencanaan yang matang, pelaksanaan
yang fleksibel, hingga evaluasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan keterlibatan dan efektivitas.
Melalui kerjasama dengan berbagai pihak, pelatihan fasilitator yang komprehensif, dan pemanfaatan
teknologi, program ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung untuk orang
tua, demi kesejahteraan dan perkembangan anak, (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa program
parenting yang berpusat pada anak signifikan meningkatkan kemampuan orangtua dalam mendampingi
belajar anak, dengan bukti statistik yang kuat mendukung hipotesis penelitian (uji t -60.147, p <
0.0001). (3) Faktor pendukung program mencakup pendidikan dan pengetahuan orangtua, keterlibatan
dan komunikasi terbuka, pendekatan positif, fleksibilitas, kerjasama dengan sumber daya eksternal,
serta dukungan komunitas dan akses ke sumber daya khusus, yang bersama-sama membangun fondasi
untuk pengasuhan yang efektif dan mendukung perkembangan anak. Faktor penghambat utama
program parenting pembelajaran berpusat pada anak termasuk hambatan bahasa, perbedaan budaya,
tantangan keuangan, kebijakan yang membatasi, penggunaan teknologi, keterbatasan waktu, dan faktor
eksternal, yang semuanya memerlukan pendekatan adaptif dan inklusif untuk mengoptimalkan
efektivitas program. Penelitian merekomendasikan agar pemerintah meningkatkan alokasi anggaran
dan sumber daya untuk program pendidikan anak dan parenting, khususnya yang berfokus pada
pembelajaran berpusat pada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Parenting, Pembelajaran berpusat pada anak, Kemampuan Orangtua, dalam mendampingi Anak belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:31
Last Modified: 03 Jun 2025 04:31
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item