PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nabila Humaira Permana, 20060317 (2024) PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97MB)

Abstrak

Nabila Humaira Permana. 2024. Penggunaan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar, dibimbing oleh Ruli Setiyadi, M.Pd dan Linda Hania Fasha, M.Pd. Rendahnya pemahahaman konsep IPA pada siswa kelas IV Sekolah dasar yang
disebabkan karena kurang adanya interaksi secara aktif serta model pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga proses pembelajaran tidak terjalin secara bermakna yang akhirnya menyebabkan hasil dari proses pembelajaran kurang
maksimal. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian Mix Method dengan esign Eksplanatory Squential Design dan menggunakan model Learning Cycle. Instrumen yang digunakan berupa tes, angket respon siswa dan wawancara guru
setelah proses pembelajaran. Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang dipakai yaitu kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang berperan sebagai responden
adalah sebanyak 20 siswa Sekolah Dasar yang ada di Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model Learning Cycle dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa yang ditunjukan dari hasil posttest yang meningkat secara signifikan di akhir
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep IPA, Learning Cycle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:30
Last Modified: 12 Jul 2025 04:30
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item
View Item