PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

MUHAMAD RIDWAN FAUZI, 22060263 (2024) PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Masih rendahnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Bandung Barat melatar belakangi penelitian ini sehingga untuk mengatasinya diperlukan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dengan memanfaatkan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva. Metode yang diterapkan adalah mixed method dengan desain the sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas V disalah satu Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Bandung Barat dengan sampel sebanyak 21 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes dan nontes. Hasil pada penelitian ini berdasarkan hasil jawaban pretest dan posttest terhadap kemampuan berpikir kiritis yang diperoleh peserta didik. Untuk memperkuat hasil tersebut, maka dilakukan wawancara terhadap kesulitan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran ini. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa 1). Media video pembelajaran berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar, 2). Kesulitan yang dialami peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva adalah peserta didik kesulitan dalam menyimpulkan dan memberikan penjelasan lebih lanjut, 3). Kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan media video pembelajaran ini adalah guru memerlukan waktu yang cukup banyak untuk dapat membuat media video pembelajaran berbasis aplikasi canva. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik memperoleh nilai gain sebesar 0,52 yang artinya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembejaran, Aplikasi Canva, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:03
Last Modified: 12 Jul 2025 04:03
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item
View Item