Muhamad Fauzi Samsul Mubarok, 20060329 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (253kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (518kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa sangat rendah dikarenakan oleh rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang belum ditunjukan pada pengembangan kemampuan berfikir kritis. Tujuan penelitian (1)Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dengan menggunakan model Problem Based Learning (2) Respon siswa kelas V SD dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning
(3)Kendala apa yang di hadapi oleh siswa kelas V SD dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan Mix Methods. engan desain yang digunakan adalah explanatory seqental esign. Pada tahap kuantitatif menggunakan metode experimen dengan desain one group pretest-posttest dan tahap ualitatif menggunakan analisis deskriptif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD dengan jumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest setelah itu treatment dan diberikan posttest di akhir. Dari hasil pretest emperoleh rata-rata nilai akhir yaitu 67,13 sedangkan pada hasil posttest didapatkan rata-rata nilai khir yaitu 90,38. Berdasarkan hasil penelitian melalui erhitungan statistika dengan melakukan Uji Normalitas, Uji Sample T-Test dan Uji N-Gain, dari hasil tersebut terdapat nilai N-Gain sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi Maka dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning , Kemapuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 03:21 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 03:21 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/532 |