PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Meilinda, 22060234 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of HALAMAN  AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas IV sekolah dasar dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD, respon siswa dan kendala guru dalam meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method. Desain yang digunakan adalah Explanatory Sequential Design, dimana dalam proses pengumpulan secara kuantitatif terlebih dahulu dan diikuti penjelasan data kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Bandung Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pemberian soal tes tertulis, angket dan wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan penggunaan model kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata uji N-Gain Score 0,60 dan
termasuk dalam interpretasi sedang, sedangkan bila ditinjau berdasarkan persentase efektivitas N-Gain Score (%) adalah 60,30% dengan interpretasi sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat antusias, siswa menjadi lebih
aktif dan responsif. Sedangkan kendala guru, masih kesulitan mengkondisikan siswa dengan kemampuan pemahaman siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep, model cooperative learning tipe STAD, Nilai-nilai Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:25
Last Modified: 11 Jul 2025 06:25
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item
View Item