PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Maya Nurfitri Ruspandi, 22060431 (2024) PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 02 BAB I Maya Nurfitri.pdf] Text
02 BAB I Maya Nurfitri.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 03 BAB II Maya Nurfitri.pdf] Text
03 BAB II Maya Nurfitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of 04 BAB III Maya Nurfitri.pdf] Text
04 BAB III Maya Nurfitri.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 05 BAB IV Maya Nurfitri.pdf] Text
05 BAB IV Maya Nurfitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06 BAB V Maya Nurfitri.pdf] Text
06 BAB V Maya Nurfitri.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Maya Nurfitri.pdf] Text
07 Daftar Pustaka Maya Nurfitri.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 09 Lampiran.pdf] Text
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan model picture and picture berbantuan gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods
dengan menggunakan desain penelitian sequensial ksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki
dan 14 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
menulis narasi siswa ketika diterapkannya model picture and picture berbantuan gambar berseri dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan menulis narasi kelas sebesar 89,82 yang tergolong dalam kategori
baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 50. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Narasi, Model Picture and Picture Berbantuan Gambar Berseri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:21
Last Modified: 11 Jul 2025 04:21
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item
View Item