PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

LITA SRI WAHYUNI, 20060065 (2024) PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model Picture and Picture, kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture, dan kendala yang dihadapi oleh guru
dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Method. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun desain yang
digunakan yaitu menggunakan desain The Explanatory Sequential. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 26 siswa.. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada tes awal (pretest) kepada siswa terdapat 38% yang tuntas sedangkan yang tidak tuntas 62 % dengan nilai rata-rata 47,42 dapat dikategorikan masih rendah. hal tersebut terjadi karena siswa masih kurang
memahami materi, dan minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan Pancasila masih kurang maka dari itu siswa banyak yang kurang konsentrasi saat pembelajaran. Maka dari itu peneliti berusaha untuk mengatasi permasalahan dengan menggunakan menggunakan model Picture and Picture dengan
mendapatkan hasil dari tes akhir (posttest) yang meningkat yaitu 87% yang tuntas sedangkan yang tidak tuntas 13% memperoleh nilai rata-rata 78,84 dapat dikategorikan tinggi. Adapun hasil uji Normalita dari pretest dan posttest terdapat hasil yang signifikan normal dan dari uji N-Gain memperoleh sebesar 59,7993 artinya nilai tersebut termasuk yang berpredikat cukup efektif. Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Picture and Picture ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, Pemahaman Konsep, Pendidikan Pancasila.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:35
Last Modified: 11 Jul 2025 03:35
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item
View Item