EFEKTIVITAS PROGRAM IN HOUSE TRAINING (IHT) PENYUSUNAN MODUL AJAR BAGI KADER POSYANDU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI POS PAUD

Lilis Kristiyanti, - (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM IN HOUSE TRAINING (IHT) PENYUSUNAN MODUL AJAR BAGI KADER POSYANDU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI POS PAUD. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover Stambuk Lilis Kristiyanti.pdf] Text
01 Cover Stambuk Lilis Kristiyanti.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan Lilis Kristiyanti.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan Lilis Kristiyanti.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 03 Lembar Pernyataan Lilis Kristiyanti.pdf] Text
03 Lembar Pernyataan Lilis Kristiyanti.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 04 Abstrak Lilis Kristiyanti.pdf] Text
04 Abstrak Lilis Kristiyanti.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 05 Kata Pengantar Lilis Kristiyanti.pdf] Text
05 Kata Pengantar Lilis Kristiyanti.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 06 Daftar Isi Lilis Kristiyanti.pdf] Text
06 Daftar Isi Lilis Kristiyanti.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of BAB I Lilis Kristiyanti.pdf] Text
BAB I Lilis Kristiyanti.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of BAB II Lilis Kristiyanti.pdf] Text
BAB II Lilis Kristiyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of BAB III Lilis Kristiyanti.pdf] Text
BAB III Lilis Kristiyanti.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of BAB IV Lilis Kristiyanti.pdf] Text
BAB IV Lilis Kristiyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V Lilis Kristiyanti.pdf] Text
BAB V Lilis Kristiyanti.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Lilis Kristiyanti.pdf] Text
Daftar Pustaka Lilis Kristiyanti.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran Lilis Kristiyanti.pdf] Text
Lampiran-lampiran Lilis Kristiyanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah data tentang: 1) Proses
implementasi Program In House Training (IHT) Penyusunan Modul Ajar Bagi Kader
Posyandu Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di POS PAUD Mawar Putih
Kecamatan Mandalajati Kota Bandung; 2) Efektivitas Program In House Training
(IHT) Penyusunan Modul Ajar Bagi Kader Posyandu Untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di POS PAUD Mawar Putih Kecamatan Mandalajati Kota Bandung;
3)Faktor-Faktor Pendukung dan penghambat Program In House Training (IHT)
Penyusunan Modul Ajar Bagi Kader Posyandu Untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di POS PAUD Mawar Putih Kecamatan Mandalajati Kota Bandung.
Konsep yang dijadikan dasar dalam penelitian ini yaitu: konsep In House Training,
Konsep kualitas pembelajaran anak usia dini, konsep kader Posyandu, dan konsep
modul ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan
menggunakan exploratory sequential design. Teknik pengumpulan data kualitatif
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan yang
dilakukan pada peserta program edukasi, penyelenggara program, dan narasumber
program In House Training. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan
menggunakan pretes postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tahapan
implementasi program IHT di POS PAUD Mawar Putih menekankan adaptasi
kurikulum yang spesifik dan pemanfaatan teknologi untuk memperkuat kualitas
pembelajaran anak-anak PAUD, didukung oleh interaksi intensif dan evaluasi berkala
untuk meningkatkan keterampilan pengajaran kader Posyandu. Pendekatan holistik
ini bertujuan untuk mencapai tujuan akhir yang berkualitas dalam pendidikan anak
usia dini, (2) Hasil uji statistik menegaskan efektivitas Program In House Training
(IHT) Penyusunan Modul Ajar, dengan peningkatan signifikan pada skor postes
dibandingkan pretes, seperti yang dibuktikan oleh uji t independen (t(27) = -31.339, p
< 0.001), (3) Faktor pendukung program In House Training (IHT) di POS PAUD
Mawar Putih, termasuk peningkatan pengetahuan dan kompetensi kader, kualitas
materi yang tinggi, infrastruktur dan fasilitas yang memadai, kolaborasi antar peserta,
perubahan positif dalam praktik pengajaran, serta dukungan institusional yang kuat,
secara kolektif berkontribusi pada keberhasilan dan efektivitas program dalam
meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Durasi program yang singkat,
kesulitan pemahaman materi, manajemen waktu, hambatan kolaborasi, dan pengaruh
faktor eksternal merupakan faktor penghambat kunci yang memerlukan penyesuaian
strategis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: In House Training, kader Posyandu, Modul Ajar, Kualitas Pembelajaran Pos PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:07
Last Modified: 03 Jun 2025 04:07
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item
View Item