PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA HEWAN MENGGUNAKAN MODEL STAD BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Krismayanti, 18060185 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA HEWAN MENGGUNAKAN MODEL STAD BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPA siswa kelas V yang mana hal ini berdampak pada nilai peserta didik. Salah satu bahan ajar yang cocok
diterapkan pada zaman digital ini yaitu penggunaan E-book yang dibuat menggunakan canva. Penulis berupaya untuk mengembangkan bahan ajar digital yang bermuatan materi sistem pernafasan pada hewan berbantuan canva. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk pengembangan bahan ajar berbantuan canva untuk meningkan pemahaman konsep IPA kelas v sekolah dasar. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket validasi ahli, dan respon peserta didik. Hasil validasi kepada para ahli mendapat rata-rata penilaian 4,1 dari ahli materi dengan kategori sangat layak, 4 dari ahli media dengan kategori layak, 3,3 dari ahli praktisi dengan kategori layak. berdasarkan hal ini, bahan ajar yang dikembangkan sudah memenuhi syarat untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar pada uji coba
terbatas dan uji coba luas mendapatkan hasil 67,7% dan 73,8% dengan kriteria tertarik. Berdasarkan hasil validasi ahli dan angket respon siswa, maka dapat disimpulkan
bahwa bahan ajar materi sistem pernafasan pada hewan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan canva untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA kelas v Sekolah Dasar layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Model Pembelajaran STAD, Canva, Pemahaman Konsep IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:39
Last Modified: 11 Jul 2025 02:39
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item
View Item