PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

IRMA MINA MINARNI, 20060067 (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifitas penerapan model discovery learning pada pembelajaran siswa SD Kelas IV terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis; (2) proses penerapan model discovery learning pada pembelajaran siswa kelas IV SD; (3) kendala yang dihadapi oleh Guru dan Siswa Kelas IV SD dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain sequential explanatory design. Lokasi penetian dilaksanakan di salah satu SDN di Kota Cimahi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD sebanyak 38 siswa. Data
hasil penelitian pretest posttest menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan nilai rata-rata pretest 50,66 dan rata-rata posttest 77,37 dengan nilai N-Gain yaitu 0,5630 dan berada pada kategori sedang. Adapun data hasil kualitatif diperoleh hasil, dimana proses penerapan model discovery learning dilaksanakan dengan baik sesuai dengan sintaks model. Berdasarkan hasil wawancara diketahui terdapat beberapa kendala guru saat yaitu sulitnya
mengondisikan siswa saat proses penemuan, kurangnya sarana dan prasarana percobaan, dan terdapat beberapa siswa dengan karakteristik khusus yang membutuhkan bimbingan saat pembelajaran. Hasil angket siswa juga menunjukkan
terdapat kendala siswa saat proses pembelajaran diantaranya membuat kesimpulan dan kurangnya memperhatikan saat temannya presentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:05
Last Modified: 10 Jul 2025 04:05
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item
View Item