Ingga Rosarini, 22060289 (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix
Methods dengan menggunakan desain penelitian sequential explanatory desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Bandung barat dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest,
serta angket wawancara guru san siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa ketika diterapkannya model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep yang
meningkat pada sebelum perlakuan dan setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery learning yakni sebesar sebesar 78,2 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 70. Ketuntasan belajar siswa menunjukkan 98% dengan interpretasi sangat baik, yang menunjukkan seluruh hasil penggunaan model discovery learning berhasil dengan
sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep IPA, Model Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:21 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:21 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/492 |