PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Ingga Rosarini, 22060289 (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix
Methods dengan menggunakan desain penelitian sequential explanatory desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Bandung barat dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest,
serta angket wawancara guru san siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa ketika diterapkannya model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep yang
meningkat pada sebelum perlakuan dan setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery learning yakni sebesar sebesar 78,2 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 70. Ketuntasan belajar siswa menunjukkan 98% dengan interpretasi sangat baik, yang menunjukkan seluruh hasil penggunaan model discovery learning berhasil dengan
sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep IPA, Model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:21
Last Modified: 10 Jul 2025 03:21
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item
View Item