PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS II SEKOLAH DASAR

Ikhlima Balqis Fauziah, 20060175 (2024) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of 10.BAB I.pdf] Text
10.BAB I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 11.BAB II.pdf] Text
11.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of 12.BAB III.pdf] Text
12.BAB III.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 13.BAB IV.pdf] Text
13.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of 14.BAB V.pdf] Text
14.BAB V.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 15.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 16.LAMPIRAN.pdf] Text
16.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pembagian. Dikarenakan guru masih menggunakan model konvensional dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1)
Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pembagian siswa kelas II setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) (2) Kendala apa yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) (3) Kendala apa yang di hadapi oleh siswa kelas II SD dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode Mix Methods yang menggabungkan hasil data kuantitatif dan kualitatif. Adapun desain yang digunakan adalah Explanatory Sequental Design. Pada penelitian ini tahap kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design
dan pada tahap kualitatif menggunakan analisi desktriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas II Sekolah Dasar dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, posttest dan treatment. Hasil pretest
memperoleh nilai akhir rata rata yaitu 49,14% sedangkan hasil posttest memperoleh nilai akhir rata-rata yaitu 86,00% Berdasarkan hasil penelitian melalui perhitungan statitiska dengan melakukan Uji Normalitas, Uji Sample T-Test dan Uji N-gain, dari hasil tersebut terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pembagian dengan nilai N-Gain sebesar 0,65 dengan kriteria cukup efektif. Hal tersebut menunjukan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pembagian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:29
Last Modified: 10 Jul 2025 02:29
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item
View Item