GUSTIANI NURIZKI, 22060395 (2024) PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS V. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
![[thumbnail of Bab III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Download (857kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (872kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of Lampiran A.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran A.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan fenomena alam dan harus dipahami oleh siswa terutama di sekolah dasar. Namun kenyataannya dilapangan masih ada siswa belum memahami
konsep IPA. Penyebabnya karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik. Penggunaan model pembelajaran team games tournament (TGT) digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA.
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) peningkatan kemampuan pemahaman komsep IPA dengan menggunakan model team games tournament (TGT), (2) kesulitan siswa untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA, (3) kesulitan guru
ketika menggunakan model team games tournament untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan dengan jenis penelitian the explanatory sequential design. subjek
dalam penelitian inn adalah siswa kelas V SD. Intrumen yang diberikan berupa tes, angket, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil: (1) terdapat
peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan model team games tournament dengan nilai tes awal rata-rata 52,8, kemudian meningkat pada hasil tes akhir rata-rata 79,2, (2) kesulitan siswa yakni: sulit untuk bekerjasama dalam kelompok, kesulitan untuk mengikuti kegiatandan kesulitan mengkomunikasikan pendapatnya, (3) kesulitan guru dalam menggunakan model ini yakni mengelola kelas, menghadapi siswa yang kurang, mempersiapkan materi
yang pas dengan model.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Team Games Tournament, Kemampuan Pemahaman, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:42 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:42 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/471 |