PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS V

GUSTIANI NURIZKI, 22060395 (2024) PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS V. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (857kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran A.pdf] Text
Lampiran A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan fenomena alam dan harus dipahami oleh siswa terutama di sekolah dasar. Namun kenyataannya dilapangan masih ada siswa belum memahami
konsep IPA. Penyebabnya karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik. Penggunaan model pembelajaran team games tournament (TGT) digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA.
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) peningkatan kemampuan pemahaman komsep IPA dengan menggunakan model team games tournament (TGT), (2) kesulitan siswa untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA, (3) kesulitan guru
ketika menggunakan model team games tournament untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan dengan jenis penelitian the explanatory sequential design. subjek
dalam penelitian inn adalah siswa kelas V SD. Intrumen yang diberikan berupa tes, angket, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil: (1) terdapat
peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan model team games tournament dengan nilai tes awal rata-rata 52,8, kemudian meningkat pada hasil tes akhir rata-rata 79,2, (2) kesulitan siswa yakni: sulit untuk bekerjasama dalam kelompok, kesulitan untuk mengikuti kegiatandan kesulitan mengkomunikasikan pendapatnya, (3) kesulitan guru dalam menggunakan model ini yakni mengelola kelas, menghadapi siswa yang kurang, mempersiapkan materi
yang pas dengan model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Team Games Tournament, Kemampuan Pemahaman, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:42
Last Modified: 09 Jul 2025 06:42
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item