PENGGUNAANMODELDISCOVERYLEARNING UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUANBERPIKIRKRITISSISWA PADAMATERIZATTUNGGALDANCAMPURANKELASV SEKOLAHDASAR

GHINAHASNAHANIYAH, GHINAHASNAHANIYAH (2024) PENGGUNAANMODELDISCOVERYLEARNING UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUANBERPIKIRKRITISSISWA PADAMATERIZATTUNGGALDANCAMPURANKELASV SEKOLAHDASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi zat tunggal dan campuran kelas v sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed
Methods dengan menggunakan desain penelitian explanatory sequential. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Sukasari yang berjumlah sebanyak 32 orang dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 17 orang dan siswa
perempuan berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal Pre-Test dan Post-Test, lembar angket respon guru dan siswa,
lembar wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mendapatkan beberapa hasil, yang pertama yaitu dari data observasi menunjukkan pengaruh yang signifikan dan efektif dalam penerapan model Discovery Learning dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan besaran persentase sebesar 92,5% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Yang kedua, data hasil Pre-Test dan
Post-Test dengan nilai rata-rata Post-Test adalah 51,72 dan nilai rata-rata Pre-Test adalah 82,50 yang menunjukkan adanya sebuah peningkatan sebesar 30,78. Sedangkan, hasil uji N-Gain menunjukkan nilai yaitu 0,6312 yang termasuk ke
dalam kategori sedang yang dapat dinyatakan berada pada besaran persentase sebesar 63,1170% yang termasuk ke dalam kategori tafsiran efektivitas yang cukup efektif. Yang ketiga, data hasil wawancara dan angket respon siswa dan guru dengan rata-ratanya respon siswa adalah sebesar 74% yang menunjukkan hasil yang termasuk pada kriteria baik. Dari hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa
masih terdapat beberapa kendala yang masih ditemui dalam penerapan model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:46
Last Modified: 09 Jul 2025 04:46
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item
View Item