Fitria Ramadhan, 20060091 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (719kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (413kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk mengetahui; (1) peningkatan penerapan model Problem Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa; (2) proses penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep siswa; dan (3) kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan yaitu mix method dengan desain sequential explanatory. Penelitian berlokasi di SD Negeri Cigugur Tengah Mandiri 1 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data melalui tes (pretest dan posttest), lembar observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh melalui uji N-gain terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V dengan nilai N-gain score sebesar 0,73 dikategorikan tinggi. Sedangkan data hasil kualitatif perolehan skor angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 85% berada pada kategori “Sangat Baik” dan angket guru memberikan respon yang positif. Kendala yang dihadapi siswa diantaranya kesulitan dalam memahami konsep materi perubahan wujud benda, siswa kurang terlibat aktif dalam bekerja secara
kelompok sehingga materi yang disampaikan kurang terserap dengan baik oleh siswa, kurang peracaya diri siswa sehingga malu untuk aktif dalam tanya jawab dan mempresentasikan hasil yang telah diperoleh. Adapun kendala yang dihadapi
oleh guru dari hasil wawancara mengungkapkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi berbeda-beda, kurang konsentrasi, kurang aktif dalam pembelajaran dan kekurangan alat peraga karena harus memerlukan waktu yang ekstra dan biaya yang cukup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:03 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:03 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/456 |