PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Fitria Ramadhan, 20060091 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk mengetahui; (1) peningkatan penerapan model Problem Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa; (2) proses penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep siswa; dan (3) kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan yaitu mix method dengan desain sequential explanatory. Penelitian berlokasi di SD Negeri Cigugur Tengah Mandiri 1 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data melalui tes (pretest dan posttest), lembar observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh melalui uji N-gain terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V dengan nilai N-gain score sebesar 0,73 dikategorikan tinggi. Sedangkan data hasil kualitatif perolehan skor angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 85% berada pada kategori “Sangat Baik” dan angket guru memberikan respon yang positif. Kendala yang dihadapi siswa diantaranya kesulitan dalam memahami konsep materi perubahan wujud benda, siswa kurang terlibat aktif dalam bekerja secara
kelompok sehingga materi yang disampaikan kurang terserap dengan baik oleh siswa, kurang peracaya diri siswa sehingga malu untuk aktif dalam tanya jawab dan mempresentasikan hasil yang telah diperoleh. Adapun kendala yang dihadapi
oleh guru dari hasil wawancara mengungkapkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi berbeda-beda, kurang konsentrasi, kurang aktif dalam pembelajaran dan kekurangan alat peraga karena harus memerlukan waktu yang ekstra dan biaya yang cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:03
Last Modified: 09 Jul 2025 04:03
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item