FITRI NURBAYANTI, 22060114 (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I .pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (434kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21MB)
Abstrak
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPA kelas V sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru kelas V pada sebelum penelitian yang menyatakan bahwa
sebagian besar siswa belum mencapai KKM dalam pembelajaran IPA terutama pada materi perubahan wujud benda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menelaah penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA pada materi perubahan wujud benda, kesulitan siswa dan guru dalam penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan
wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Ngamprah. Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,61 dan berada pada interpretasi “Sedang”. Adapun kendala
yang diungkapkan siswa yaitu kesulitan memahami materi, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPA, kesulitan memanajemen waktu, kesulitan menyimpulkan hasil diskusi, daan kesulitan mempresentasikan hasil karya. Selain
itu, kesulitan yang dihadapi guru yaitu kesulitan memberikan motivasi kepada siswa, keterbatasan alat peraga, kesulitan memanajemen waktu dan kesulitan mengkondisikan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep IPA, Perubahan Wujud Benda |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:15 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/455 |