PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

FITRI NURBAYANTI, 22060114 (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPA kelas V sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru kelas V pada sebelum penelitian yang menyatakan bahwa
sebagian besar siswa belum mencapai KKM dalam pembelajaran IPA terutama pada materi perubahan wujud benda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menelaah penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA pada materi perubahan wujud benda, kesulitan siswa dan guru dalam penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan
wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Ngamprah. Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,61 dan berada pada interpretasi “Sedang”. Adapun kendala
yang diungkapkan siswa yaitu kesulitan memahami materi, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPA, kesulitan memanajemen waktu, kesulitan menyimpulkan hasil diskusi, daan kesulitan mempresentasikan hasil karya. Selain
itu, kesulitan yang dihadapi guru yaitu kesulitan memberikan motivasi kepada siswa, keterbatasan alat peraga, kesulitan memanajemen waktu dan kesulitan mengkondisikan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep IPA, Perubahan Wujud Benda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:15
Last Modified: 09 Jul 2025 03:15
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item
View Item