PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

FERDHINAN MUAMAL SYECHAB, 20060089 (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstrak

Penelitian ini didasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model discovery learning, selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peneliti menggunakan metode penelitian mix method explanatory sequential design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Mekarsari dengan jumlah 20 peserta didik. Proses pengumpulan data pada penelitian ini meliputi soal tes, angket peserta didik, lembar observasi dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan berhasil, peserta didik memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 60,25 dan skor rata-rata posttest sebesar 85,45, serta hasil N-Gain skor rata-rata peserta didik sebesar 63% termasuk dalam kategori efektif. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru diantaranya pada tahap pengelompokan, pengkondisian waktu, dan penguasaan materi pada peserta didik. Selain itu kendala peserta didik diantaranya sebagian peserta didik masih merasa kesulitan dalam penerapan materi kondisi geografis indonesia di kehidupan sehari-hari dan sebagian peserta didik masih kesulitan dalam memahami mengenai materi kondisi geografis indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:06
Last Modified: 08 Jul 2025 07:06
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item
View Item