Euis Ratna Wulan, 22060198 (2024) PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (992kB)
![[thumbnail of bab 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of bab 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
![[thumbnail of bab 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3.pdf
Download (398kB)
![[thumbnail of bab 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of bab 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of daftar pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendapat deskripsi dan menemukan keefektifan penerapan model Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 2 Cisandawut. penelitian ini didasari rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD yang terjadi dilapangan, disebabkan karena model ataupun pembelajaran yang monoton dan kurang cocok dengan murid kelas IV sekolah dasar yang menyebabkan murid bersikap pasif dan apatis dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya
menyebabkan tidak maksimalnya hasil yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian menggunakan Mix Method. Instrumen yang digunakannya berupa tes dan nontes, observasi dan
wawancara, Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang dipakai yaitu kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang berperan sebagai responden sebanyak 26 orang siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten
Bandung Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. dari hasil observasi dan wawancara terdapat
peningkatan hasil yang maksimal, dengan hasil Pretest memperoleh hasil rata rata 31% sedangkan hasil posttest memperoleh hasil rata rata 79% artinya ada peningkatan setelah menggunakan model Inkuiri secara signifikan diakhir proses pembelajaran. Pada tujuan ke dua respon siswa setelah menggunakan model Inkuiri mendapatkan respon positif sehingga siswa merasa senang dan aktif dalam belajar. Kendala yang dihadapi guru pada saat menggunakan model Inkuiri ditemukan kendala pada sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai sehingga guru
sulit untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan model Inkuiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Penerapan Model Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:21 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:21 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/437 |