Eka Kurnia, 20060047 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PEMBAGIAN KELAS III SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (506kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (751kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (472kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa SD. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika
terutama pada materi pembagian di SD masih rendah karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, dan kesulitan guru dan siswa. Peneliti menggunakan metode pendekatan Mix method dengan desain Explanatory sequential dan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD
dengan 25 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah, dan instrumen non tes adalah angket respon siswa dan guru serta lembar wawancara. Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dapat
dilihat dari nilai rata-rata pretest 53 menjadi 84 nilai rata-rata posttest dan hasil rata rata uji N
Gain adalah 0,62 berada pada kriteria sedang, dan hasil respon berada pada kategori baik dari hasil rata-rata angket respon siswa 60% dan hasil rata-rata angket respon guru 73% dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Setelah menggunakan model Problem Based Learning kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pembagian dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembagian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:06 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/424 |