PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Diniah Zulfiana Putri, 20060187 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of SKRIPSI _DINIAHZP_LAMPIRAN.pdf] Text
SKRIPSI _DINIAHZP_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan model ini. Metode yang digunakan adalah mix method dengan desain explanatory sequential. Instrumen yang diterapkan
meliputi tes pretest dan posttest, angket untuk siswa dan guru, lembar observasi kegiatan pembelajaran, dan wawancara dengan guru, yang diujikan kepada 23 siswa kelas IV di SDP Al-Basyariyah 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest yaitu 55,26 menjadi 84,87 pada nilai rata-rata posttest. Uji normalitas menunjukkan nilai 0,286 dan 0,091, yang mengindikasikan
berdistribusi normal, sedangkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai 0,001, yang mengindikasikan adanya peningkatan signifikan. Terakhir, rata-rata N-Gain adalah 68% dengan interpretasi sedang dan kategori efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:28
Last Modified: 07 Jul 2025 06:28
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item