Diniah Zulfiana Putri, 20060187 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (664kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (506kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (619kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (223kB)
![[thumbnail of SKRIPSI _DINIAHZP_LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI _DINIAHZP_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan model ini. Metode yang digunakan adalah mix method dengan desain explanatory sequential. Instrumen yang diterapkan
meliputi tes pretest dan posttest, angket untuk siswa dan guru, lembar observasi kegiatan pembelajaran, dan wawancara dengan guru, yang diujikan kepada 23 siswa kelas IV di SDP Al-Basyariyah 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest yaitu 55,26 menjadi 84,87 pada nilai rata-rata posttest. Uji normalitas menunjukkan nilai 0,286 dan 0,091, yang mengindikasikan
berdistribusi normal, sedangkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai 0,001, yang mengindikasikan adanya peningkatan signifikan. Terakhir, rata-rata N-Gain adalah 68% dengan interpretasi sedang dan kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:28 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:28 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/421 |