DIANAROS DWI PAMUNGKAS, 19060311 (2024) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SILABA BERBANTUAN MEDIA KARTU SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (709kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (452kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (54kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak
Penguasaan kemampuan membaca dasar sangat penting bagi siswa sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1. Kemampuan membaca dasar yang kurang memadai menghambat pemahaman siswa terhadap konten pendidikan. Kekurangan keterampilan membaca dasar siswa disebabkan
oleh kegiatan belajar yang berulang-ulang. Metode Pembelajaran Silabus, yang difasilitasi oleh Media Kartu Suku Kata, meningkatkan kemampuan membaca awal siswa sekolah dasar kelas satu, memberikan guru strategi untuk mengatasi
tantangan siswa. Peneliti menggunakan pendekatan metodecampuran yang memanfaatkan desain sekuensial eksplanatif, memperoleh keluaran data kualitatif
dan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest, wawancara guru dan siswa, kuesioner, dan lembar observasi. Menurut hasil penelitian, siswa memperoleh nilai rata-rata 68 pada tes awal, dan 62% dari mereka menyelesaikannya secara klasikal. Performa siswa pada tes akhir meningkat setelah menggunakan pendekatan suku kata pada instruksi; mereka mencapai tingkat penyelesaian klasikal sebesar 96% dan skor rata-rata 86. Siswa di sekolah dasar kelas satu menunjukkan peningkatan dalam keterampilan membaca dasar mereka ketika strategi suku kata diterapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca Permulaan, Kartu Suku Kata, Silaba |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:04 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/416 |