PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dewi Vernia Fitega, 20060439 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 02 BAB I DEWI VERNIA FITEGA.pdf] Text
02 BAB I DEWI VERNIA FITEGA.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 03 BAB II DEWI VERNIA FITEGA.pdf] Text
03 BAB II DEWI VERNIA FITEGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of 04 BAB III DEWI VERNIA FITEGA.pdf] Text
04 BAB III DEWI VERNIA FITEGA.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 05 BAB IV DEWI VERNIA FITEGA.pdf] Text
05 BAB IV DEWI VERNIA FITEGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of 06 BAB V DEWI VERNIA FITEGA.pdf] Text
06 BAB V DEWI VERNIA FITEGA.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Lampiran all.pdf] Text
Lampiran all.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan model problem based learning berbantuan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fiksi pada siswa kelas v sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan sequential explanatory design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V salah satu sekolah dasar di kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 16 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan
bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis cerita fiksi ketika diterapkannya model problem based learning. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas sebesar 89,11 yang tergolong dalam kategori baik. Nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 45.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:02
Last Modified: 07 Jul 2025 03:02
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item
View Item