DEWI NUR AYU, 20060321 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PKN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (769kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep, pada pembelajaran PKN dengan menggunakan model problem based learning, kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran
menggunakan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan desain explanatory sequential. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas V di SDN Ciwidey 04 denan jumlah 26 orang, yaitu 14 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan berupa tes
retest dan posttest, lembar angket peserta didik, lembar observasi guru dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan nilai rata-rata peserta didik dari pretest dan posttest yang awalnya sebesar 48,46 meningkat menjadi 87,11.
Selain itu hasil n-gain memperoleh rata-rata sebesar 86% yang berada pada interpretasi tinggi dan kategori yang efektif. Kemudian kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran yaitu pada tahap pengkondisian peserta didik,
memerlukan waktu yang lama, dan kurangnya konsentrasi peserta didik. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh peserta didik yaitu pada indikator menyatakan ulang konsep dan mengembangkan konsep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning Pembelajaran PKN. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:52 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:52 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/410 |