PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD

Dewi Amira, 20060402 (2023) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan banyak konsep. Konsep ini keterkaitan dengan konsep materi satu dengan yang konsep materi lainnya, konsep matematika juga berkaitan erat dengan kehidupan
sehari-hari. Rendahnya pemahaman konsep siswa masih menjadi permasalahan khususnya pada mata pelajaran matematika, alasannya karena matematika masih dianggap sulit bagi sebagian besar siswa yang akibatnya kurangnya minat dan
motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Example Non-Example pada materi bangun ruang serta kendala yang dihadapi siswa dan kendala yang dihadapi guru ketika kegiatan pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain penelitian
yaitu sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V di SDN Bojongwangi Cililin dengan sampel sebanyak 20 siswa yang bertempat di wilayah Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes dan nontes. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil jawaban pretest dan postest terhadap kemampuan pemahaman konsep yang diperoleh siswa. Untuk memperkuat hasil tersebut, maka dilakukan observasi, wawancara dan penyebaran angket siswa mengenai
kesulitan guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran ini. Berdasarkan hasil analisa data selama penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Example Non-Example dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas V pada materi bangun ruang hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penilaian siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan secara signifikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe Example Non-Example, Pemahaman Konsep Matematika, Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:42
Last Modified: 07 Jul 2025 02:42
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item
View Item