PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DUA BILANGAN PADA SISWA KELAS II DI SDN 067 NILEM

Devi Devia Lesmanawati, 22060242 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DUA BILANGAN PADA SISWA KELAS II DI SDN 067 NILEM. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep perkalian dua bilangan siswa. Hal tersebut didasari oleh hasil observasi siswa dan wawancara
guru yang dilakukan sebelum penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah peningkatan kemampuan pemahaman konsep perkalian dua bilangan siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep perkalian dua bilangan siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah instrumen tes, lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 067 Nilem yang berjumlah 30 siswa.
Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,6 dan berada pada interpretasi “Sedang”. Selain itu, perolehan skor angket siswa memperoleh nilai rata-rata 72,1 dan berada
pada kategori “cukup baik”. Adapun kendala yang dihadapi siswa diantaranya, kesulitan dalam mengidentifikasi atau menganalisis permasalahan, kurangnya kerja sama antar anggota kelompok, kurang fokus dalam mencari informasi dari teks bacaan dan kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusi. Selain itu, kendala yang dihadapi guru diantaranya
sebagain besar kurang bisa untuk mengefektifkan waktu karena harus terus memonitoring siswa dalam pembelajaran, kesulitan dalam menumbuhkan rasa pecaya diri siswa untuk melakukan presentasi, namun guru memiliki solusi dalam pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep perkalian dua bilangan siswa siswa kelas II Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Perkalian Dua Bilangan, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 07:14
Last Modified: 05 Jul 2025 07:14
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item
View Item