PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Devani Rahayu Putri, 20060313 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah hasil dari penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas, yang meliputi proses pembelajaran model problem based learning dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial , peningkatan kemampuan pemecahan siswa dan respon siswa serta guru terhadap penggunaan model problem based learning. Metode penelitian
yang digunakan pada penelitian ini yaitu mix methods dengan desain the explanatory sequential. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas V SDN Solokan Jeruk 02 yang berlokasi di Jl. Sastra No.14 Desa Solokan Jeruk, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat adanya peningkatan kemampuan pemecahan siswa setelah pembelajaran menggunakan model problem
based learning dengan rata-rata skor pretest adalah 50,78 dan posttest adalah 75,07 dan persentase rata-rata pretest sebesar 60% serta posttest sebesar 89%, menunjukkan peningkatan persentase skor rata-rata sebesar 29%. Selanjutnya respon siswa terhadap pembelajaran dengan model problem based learning mendapat hasil persentase sebanyak 65% yang termasuk pada kategori baik, sehingga banyak siswa kelas V yang menyukai model problem based learning dalam pembelajaran karena dianggap menyenangkan dan dapat membantu siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar serta siswa terbiasa untuk memecahkan masalah. Dan dari hasil wawancara, guru berpendapat bahwa model ini mampu mendukung proses pembelajaran dengan baik, mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 06:38
Last Modified: 05 Jul 2025 06:38
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item
View Item