PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

DETI HERNAWATI, 22060024 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Pernerlitian ini dilakurkan di SDN Cirerurnderur pada siswa kerlas V derngan jurmlah 25 siswa, 13 siswa perrermpuran dan 12 siswa laki-laki. Pernerlitian ini dilatar berlakangi
olerh siswa yang merngalami kersurlitan dalam mermahami bacaan kertika prosers permberlajaran. Terradapt siswa yang mermiliki minat baca yang kurrang, hal ini diserbabkan karerna siswa merrasa bosan dan mernganggap mermbaca tidak
mernyernangkan. Serhingga berrdampak terrhadap permahaman siswa terrhadap isi bacaan serrta kuraliatas hasil berlajar yang rerndah. Pernggurnaan moderl permberlajaran yang terpat urnturk merngoptimalkan siswa dalam merningkatkan kerterrampilan mermbaca permahaman yang pernerliti terrapkan yaitur moderl permberlajaran (CIRC). Moderl (CIRC) ini merrurpakan terknik dalam merlakurkan aktivitas mermbaca dimana sertiap tahapannya merrurpakan kersaturan yang saling berrkaitan. Jernis pernerlitian ini merrurpakan Pernerlitian mixherd merthod. Pada permberrian soal prer ters kerterrampilan mermbaca permahaman siswa terrmasurk pada katergori kurrang derngan nilai rata-rata 65,4 dan kerturntasan hasil berlajar 52%. Serdangkan pada permberrian soal potsterst kerterrampilan mermbaca permahaman siswa merningkat derngan nilai-rata-rata 82,6 dan kerturntasan hasil berlajar 88% yang terrmasurk pada katergori tinggi. Dari hasil pernerlitian mernurnjurkan bahwa moderl (CIRC) dapat merningkatkan kerterrampilan mermbaca permahman siswa kerlas V SDN SD Cirerurnderur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CIRC, Membaca Pemahaman, Siswa Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 06:27
Last Modified: 05 Jul 2025 06:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item
View Item