PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI SD LPPN BANDUNG

Dara Julia, 20060245 (2024) PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI SD LPPN BANDUNG. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (934kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas II sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pra-reset dan menunjukkan bahwa
pembelajaran Matematika belum mencapai tingkat optimal, terutama pada materi satuan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas II serta kendala yang dialami oleh siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model Make a Match. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods
dengan sequential explanatory design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di salah satu sekolah dasar yang bertempat di Kota Bandung yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata N-Gain sebesar 0,7 dan berada pada interpretasi ”Sedang”. Selain itu, kendala yang dialami oleh siswa yaitu Kesulitan dalam memahami materi, kesulitan mempertahankan fokus, kesulitan memanagement waktu dan kesulitan mempresentasikan hasil. Adapun kendala guru yaitu kesulitan memotivasi siswa, kesulitan dalam mengelola waktu secara efektif dan kesulitan mengkondisikan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Make a Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 04:14
Last Modified: 05 Jul 2025 04:14
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item