CIPTANINGTYAS DAMAYANTI, 20060083 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI TEKS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (580kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Keterampilan membaca pemahaman adalah kegiatan membaca untuk memahami dan mengetahui suatu makna dari isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model Cooperative Intagrated Reading and Composition (CIRC)
pada siswa kelas V sekolah dasar. Berdasarkan data dan fakta hasil peneliti, permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu siswa kurang memahami isi teks dari sebuah bacaan, sehingga hasil yang dicapai siswa pada materi membaca pemahaman sangat rendah. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model CIRC. Penelitian ini menggunakan metode Mix Method dengan desain Sequential Explanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Leuwigajah 6 yang berjumlah 30
siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V khususnya pada materi teks narasi. Hal ini dilihat dari hasil belajar
pre-test siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 65,7 dan pada hasil belajar post-test siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 86,3 artinya siswa mampu mencapai ketuntasan hasil belajar. Sedangkan hasil dari uji N-gain menunjukkan peningkatan belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman teks narasi, yaitu hasil dari N-gain adalah 0,56 termasuk dalam kategori sedang dan kriteria cukup efektif. Dapat disimpulkan, bahwa hasil
membaca pemahaman dengan menggunakan model CIRC ini menunjukkan peningkatan dan dapat dinyatakan telah mencapai tujuan penelitian. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, Model CIRC, Teks Narasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/395 |