PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA MTS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK SETTING COOPERATIF LEARNING

AGUSTUS GENTUR SUPRIYADI, - (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA MTS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK SETTING COOPERATIF LEARNING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of DAFTRA PUSTAKA.pdf] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran.pdf] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini melibatkan populasi 83 siswa. Sampel terdiri dari kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol terdiri dari 27 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan prinsip probabilitas untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan perbandingan kelompok statis dan tes dilakukan dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan menulis puisi siswa dalam bentuk pretes dan postes pada lembar tes. Hasil penelitian pretes pengetahuan diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 57,41 sedangkan kelompok kontrol 55,92 serta pada pretes keterampilan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 47,79 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 47,59. Hal ini pun menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes pengetahuan dan keterampilan baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol masih jauh dari nilai KKM yang sudah ditentukan yaitu 75. Pada nilai rata-rata Postes pengetahuan kelompok eksperimen adalah 80,51 sedangkan kelompok kontrol 66,67. Nilai rata-rata postes keterampilan kelompok eksperimen 93,48, sedangkan pada kelompok kontrol 56,25 Perbedaan antara nilai rata-rata siswa ini menunjukkan adanya pengaruh perlakuan dalam pembelajaran yang mengakibatkan adanya perbedaan nilai.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik setting cooperatif learning mampu meningkatkan nilai siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Bandung tahun akademik 2018/2019. Pendekatan ini mampu membuat siswa mengembangkan pola pikir dan kreativitasnya dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menulis puisi, Pendekatan saintifik, cooperatif learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:14
Last Modified: 04 Jun 2025 02:20
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item
View Item