MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA SELF CONFIDENCE SISWA MA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED

Acep Pebianto, 15510054 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA SELF CONFIDENCE SISWA MA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of LAMPIRAN A.pdf] Text
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa MA yang pembelajarannya menggunakan
pendekatan open ended dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa, (2)
pencapaian self confidence siswa MA yang pembelajarannya menggunakan pendekatan
open ended dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa, (3)
implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended di kelas dan
(4) kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa MA di Kota Cimahi, dengan sampelnya yaitu sebanyak 62 siswa
kelas XI di salah satu MA di Kota Cimahi yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan
pendekatan open ended sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa.
Instrumen dalam penelitian ini adalah seperangkat tes uraian terdiri dari 5 butir soal dan
non tes berupa skala sikap self confidence yang terdiri dari 30 pernyataan. Seluruh data
hasil penelitian ini diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 20 dan program
Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1)
pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MA yang
pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended lebih baik daripada yang
menggunakan pembelajaran biasa, (2) pencapaian self confidence siswa MA yang
pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended lebih baik daripada yang
menggunakan pembelajaran biasa, (3) implementasi pembelajaran dengan pendekatan
open ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis serta self
confidence siswa dan (4) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal
pemecahan masalah matematis terletak pada indikator merencanakan pemecahan masalah
dan memeriksa kembal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Pendekatan Open Ended
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:59
Last Modified: 03 Jul 2025 07:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item
View Item