MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Risna Deviyani, 15510110 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB I.pdf] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB II.pdf] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB III.pdf] Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB IV.pdf] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB V.pdf] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis diberikan kepada siswa sehingga siswa mampu menyelesaikan masalah matematis dan juga ilmu pengetahuan lainnya serta mampu memberikan kemampuan nalar yang logis, sistematis, kritis dan terbuka yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain kemampuan pemecahan masalah matematis perlu juga diperhatikan sikap kemandirian belajar siswa. Karena
keberhasilan siswa tidak terlepas dari kemandirian belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan pembelajaran biasa, (2) pencapaian kemandirian belaja siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di bandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode pada penelitian ini adalah metode ksperimen,sedangkan untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa disalah satu SMP di Kabupaten Bandung Barat dan untuk sampelnya adalah SMP Pataruman Cipatik. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan open ended dengan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Terjadi peningkatan rata-rata dari 11,5 pada pretets menjadi 34,1 pada postets. Hasil rata-rata kemandirian belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan open ended dengan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw 102,45 dan
rata-rata pada kelas yang menggunakan pembelajaran biasa 95,92. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pada pencapaian kemandirian belajar siswa SMP yang menggunakan pendekatan open ended dengan pembelajaran model kooperatif tipe
jigsaw lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:46
Last Modified: 03 Jul 2025 03:46
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item
View Item